Sabtu, 30 Januari 2010

 RIYADHUS SHALIHIN
(TAMAN ORANG-ORANG SHALIH)

Bab 23 :
Beratnya Siksaan Bagi Orang Yang Tidak Konsekuen
Allah Ta’ala berfirman ”Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian, sedang kamu melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca Al-Kitab (Taurat)? Maka tidakkah kamu berpikir” QS Al-Baqarah : 44.
Allah Ta’ala berfirman ”Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan” QS Ass-Shaff : 2 – 3.

Allah Ta’ala berfirman ”Dan Aku tidak berkehendak mengerjakan apa yang Aku larang kamu daripadanya” QS Huud : 88.

1. Dari Abu Zaid Usamah bin Zaid bin Haritsah ra., ia berkata : “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Setelah hari kiamat, ada seseorang yang didatangkan dan dilemparkan ke dalam neraka, kemudian dikeluarkan ususnya, lalu berputar-putar di dalamnya bagaikan berputarnya keledai yang sedang menggiling.1 Melihat yang demikian, berkerumunlah ahli neraka seraya berkata : “Hai Fulan, mengapa kamu seperti itu? Bukankah engkau yang menyuruh untuk berbuat baik dan melarang dari perbuatan munkar ?” Ia menjawab : “Benar, akulah yang menganjurkan kebaikan, tetapi aku tidak mengerjakannya dan aku melarang dari perbuatan munkar, tetapi aku melakukannya.” (HR.Bukhari dan Muslim).
1 Bagaikan keledai yang dipergunakan membuat gula di penggilingan.

Tidak ada komentar: